Penjelasan Hewan Invertebrata Lengkap

Invertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang punggung. Invertebrata hidup hampir di mana-mana. Ada begitu banyak invertebrata di planet Bumi sehingga tidak mungkin untuk menghitungnya. Mungkin ada jutaan atau bahkan milyaran. Dalam berbagai bentuk dan ukuran, Anda tinggal hampir di mana saja dan menawarkan banyak layanan yang penting untuk kelangsungan hidup organisme lain, termasuk kita.

Mereka telah diamati di hulu atmosfer, di gurun terkering dan di hutan tropis terbasah. Mereka bahkan dapat ditemukan di Antartika yang membeku atau di bagian terdalam dasar laut. Semua organisme vertebrata ada dalam bentuk filum chordata. Invertebrata, yang membentuk sekitar 95% atau lebih kerajaan hewan, terbagi menjadi lebih dari 30 filum yang berbeda.

Karakteristik invertebrata

  • Invertebrata tidak memiliki tulang punggung.
  • Invertebrata diketahui tidak memiliki endoskeleton bertekstur keras.
  • Hama umumnya berukuran kecil karena strukturnya belum berkembang secara kompleks.
  • Invertebrata termasuk dalam organisme multisel, namun diketahui tidak memiliki dinding sel.
  • Invertebrata dapat bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang ekstrim.
  • Invertebrata memiliki cara bereproduksi secara seksual.
  • Invertebrata dapat bertahan hidup di heterotop.
  • Umumnya ada hewan yang bisa bergerak secara langsung dan tidak.
  • Invertebrata bisa membuat makanannya sendiri.
  • Umumnya ada hewan yang bisa bergerak secara langsung dan tidak.
  • Invertebrata terdiri dari banyak sel dan banyak jaringan (multiseluler).
  • Invertebrata diketahui memiliki kerangka luar yang keras, tetapi ada juga yang lunak.
  • Hama umumnya tidak memiliki kerangka internal atau internal.
  • Tubuh invertebrata memiliki sistem pencernaan yang lebih sederhana dibandingkan vertebrata.
  • Sistem pernapasan Invertebrata tidak memiliki organ khusus untuk bernapas.

Kami membagi contoh invertebrata dan vertebrata menjadi dua bagian. Pertama tentang invertebrata dulu. Berikut ini contohnya:

Contoh invertebrata

1. Filumprotoso├ź

Contoh hewan invertebrata yang merupakan hewan uniseluler hidup di air. Bentuk tubuh protozoa sangat kecil, berkisar antara 10-50 ╬╝m, namun ada pula yang memiliki bentuk tubuh hingga 1 mm. sumber makanan Protozoa adalah hewan dan tumbuhan. Berdasarkan mobilitasnya, Protozoa dibagi menjadi 4 kelas, yaitu kelas Rhizopoda (pseudobone), kelas Flagellate (berkumis), kelas Cilliata (rambut goyang) dan kelas Sporozoa (dengan spora).

2.Filum Porifera

Contoh hewan invertebrata dan vertebrata Filum Porifera. Hewan berpori, yaitu hewan air yang hidup di laut dengan bentuk tubuh seperti tumbuhan atau tabung berpori yang menempel di dasar laut dan dapat bergerak bebas ke suatu tempat. Makanan Porifera berasal dari bakteri dan planktron. Filum Porifera dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas Corcorea, kelas Hexactibelida dan Desmospangia.

3. Filum Cnidaria

Hewan dengan sel penyengat yang disebut knidosit digunakan untuk menangkap mangsa dan mempertahankan diri. Lutut dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu Anthozoa (anemon laut, karang, keramba), Scyphozoa (ubur-ubur), Cubozoa (ubur-ubur kotak) dan Hydrozoa. Filum Cnidaria kebanyakan terjadi di lingkungan laut. Filum Cnidaria terkadang dikategorikan sebagai filum Coelenterata karena merupakan hewan berongga bernama Coelenteron.

4. Filten Ctenophora

Hewan dengan lubang kecil atau keropos di hampir seluruh tubuhnya. Pori-pori ini dapat menyebabkan racun yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa atau musuh. Meski tampak seperti ubur-ubur, filum Coe Coeelenterata tidak memiliki sel induk (knidosit) seperti Cnidaria Filmu. Filum Ctenophora kadang dikategorikan sebagai filum Coelenterata karena merupakan hewan berlubang bernama Coelenteron.

5. Filum Platyhelminthes

Cacing pipih merupakan hewan yang berbentuk cacing dengan tubuh yang datar dan tidak bersegmen. Cacing pipih ini biasanya hidup di sungai, laut, danau atau sebagai parasit di tubuh organisme lain. Filum Platyhelminthes ada 3 golongan, yaitu Turbellaria (cacing rambut goyang), Trematoda (cacing gula) dan Cestoda (cacing pita).

6. Filumnematoda

Cacing insang merupakan cacing yang berbentuk insang. Kedua ujung tubuh Filum Nematoda runcing dan bagian tengahnya bulat. Contoh cacing gilik antara lain cacing tambang, cacing ascaris dan cacing filary

7. Filum Annelida

Cacing gelang adalah cacing yang tubuhnya terdiri atas segmen annular dengan berbagai sistem organ yang baik dan sistem peredaran darah yang tertutup. Filum Annelida terbagi menjadi 5 kelas, yaitu Polychaetae (banyak rambut), Oligacaeta (dengan sedikit atau tanpa rambut, dan Hirudinea (penghisap darah). Contoh cacing filum anil adalah cacing tanah, cacing pasir, cacing kipas dan lintah.

Referensi: https://sudutpintar.com/