Jenis Sofa dan Fungsinya

Musumejima –┬áSofa merupakan salah satu furnitur terpenting di setiap rumah, terutama di ruang tamu dan ruang keluarga. Bangku sofa merupakan tempat kita duduk dan menghabiskan waktu bersama serta menikmati waktu berduaan. Karena kita banyak menghabiskan waktu di atas sofa, kenyamanan menjadi sangat penting. Anda harus menempatkan nilai ini di atas estetika, meski penampilan juga penting untuk keindahan ruangan.

Tahukah Anda kalau sofa itu sendiri memiliki banyak jenis? Saat memilih sofa, kenali bentuk, bahan dan fungsinya sesuai kebutuhan. Kenali jenis-jenis sofa paling populer dan buatlah membuatnya nyaman

1. Sofa bagian

Sofa sectional merupakan jenis sofa yang dipadukan dengan sofa lainnya, yang bisa dikatakan merupakan kombinasi dari beberapa sofa yang disatukan untuk menciptakan tempat duduk terbaik pada ruang tamu biasanya 3-5 buah. Ukuran sofa yang dibuat harus sesuai dengan ruang tamu, karena semakin besar ruang keluarga maka semakin banyak kebutuhan sofa yang dibutuhkan. Bentuk yang diketahui adalah L dan U.

2. Sofa klasik dengan lengan bulat

Model sofa ini memiliki lengan klasik yang membulat dan kadang disebut dengan “Grandma’s couch”, yang artinya merupakan sofa klasik yang tahan lama bahkan bertahun-tahun. Pada zaman dahulu, sofa ini disertai dengan cover atau kain pelapis bermotif bunga atau bermotif. Saat ini, hampir semua orang mengenakan linen putih dan kain netral, yang membuatnya terlihat mahal.

3. Gaya Lawson

Gaya Lawson dirancang untuk kenyamanan dan memiliki bentuk yang tegas, gemuk, dan kokoh. Biasanya terdiri dari tiga kursi (3 tempat duduk) dengan sandaran untuk setiap kursi. Lengan atau sandaran tangan lebih rendah dari punggung melingkar atau persegi. Lawson masih menjadi desain populer untuk sofa karena sifatnya yang informal, ciri khas desain gaya Amerika, dan gaya Lawson mengedepankan kenyamanan. Sofa bergaya lawson tersedia dalam berbagai ukuran, warna dan bahan.

4. Kursi ringan

Kursi yang ringan memiliki sandaran yang lurus dan ruang untuk tempat duduk yang nyaman untuk dua orang. Ini pas di sudut yang terlalu ketat untuk sofa ukuran penuh atau membuat sketsa tempat duduk yang nyaman di denah lantai terbuka saat dipasangkan dengan meja samping atau bangku.

5. Cabriole

Cabriole dikenal pada awal abad ke-18, pada masa Louis XV. The Cabriole memiliki karakter yang menghadirkan ruang keluarga bergaya Perancis dan memberikan kesan formal dan indah.

Sofa konversi memiliki bingkai kayu terbuka (sering kali diukir); punggung dan lengan disatukan, dengan tinggi yang sama; ciri kaki melengkung dengan bagian bawah cekung dan bagian atas cembung; dan tidak ada bantalan punggung terpisah.

6. Tempat tidur sofa

Seperti namanya, sofa bed adalah sofa dan tempat tidur menjadi satu. Biasanya bisa ditarik ke tempat tidur. Sofa bed sendiri memiliki ciri khas yang kokoh, biasanya dengan jahitan kecil, bahu terlihat tersembunyi. Terlihat halus dan lembut dengan bantal yang besar. Seringkali juga dilengkapi dengan roda. Tempat tidur sofa memiliki gaya pedesaan khas Inggris pada tahun 1920-an. Cocok untuk relaksasi dan bagi yang menginginkan kenyamanan.

7. Punggung unta

Punggung unta yang ramping dengan lengkungan yang menjulang tinggi di tengah sandaran. Lengkungan khas yang menyerupai punggung unta ini, sesuai dengan namanya, adalah punggung unta. Lengan setinggi sandaran, dengan ujung persegi dan kaki terbuka tanpa bantalan punggung. Sofa di punggung unta adalah pilihan yang cocok untuk penggemar gaya tradisional dan dapat menciptakan tampilan elegan di rumah mana pun.

8. Chesterfield

Chesterfield panjang dan kuat, dengan kancing dalam di bagian belakang dan sering kali terbuat dari kulit. Ciri khas Chesterfield lainnya adalah lengan sofa yang digulung dan memiliki tinggi yang sama dengan sandaran. Ini adalah jenis sofa yang biasanya Anda temukan di perpustakaan mewah.

9. Sofa tuksedo

Sofa Tuxedo terkenal dengan interior designer Billy Baldwin, tetapi ada banyak iterasi dari tuksedo tersebut. Yang membedakan tuksedo dengan gaya lainnya adalah bentuknya yang persegi. Tangan hampir selalu setinggi punggung dan kaki berlapis atau terbuka. Sofa-sofa itu bersih dan dilapisi secara geometris serta sering kali dilapisi kain pelapis.

10. Kursi panjang

“Lounger” berasal dari istilah “chaise longue”, yang artinya kursi panjang. Kursi ini untuk satu orang dan harus ditekuk seperti kursi dan bangku kaki di satu kursi. Kursi berjemur selalu memiliki punggung dan dapat memiliki satu, dua atau tanpa tangan. Beberapa kursi malas dibentuk, membuatnya terlihat lebih baik ketika mereka bisa berbaring dan bersantai. Ini juga bisa disebut dengan gazebo glugu

Yang lain memiliki bentuk tegak yang lebih modern dan dapat digunakan untuk duduk berdampingan atau bersandar.

Referensi: Mitrafurniture Mebel Jepara