Inilah Hasil Duet Telkomsel-Gojek di Bidang Digital

Musumejima – Telkomsel belum lama ini memutuskan untuk berinvestasi di PT Applasi Karya Anak Bangsa atau (Gojek). Tanpa prasangka, total dana yang dikucurkan Telkomsel ke Gojek mencapai $ 150 juta atau setara dengan sekitar Rp 2,1 triliun. Dengan demikian, Telkomsel resmi menjadi salah satu investor di Gojek.

Nailul Huda, pemerhati ekonomi digital dan inovasi keuangan INDEF, menyambut baik aksi ini. Menurut Huda, investasi Telkomsel di penyedia jasa pengiriman bisa menguntungkan kedua belah pihak, termasuk bagi seluruh ekonomi digital Indonesia.

“Yang pasti, industri telekomunikasi tidak bisa lepas dari industri digital, karena keduanya sama-sama cocok, telekomunikasi dan digital saling mendukung,” kata Nailul, Jumat (8/1/2021).

“Gojek memiliki kekuatan untuk mengembangkan ekosistem ekonomi digitalnya sendiri, seperti pembayaran, layanan, banyak UMKM juga mitra di sana yang bisa digunakan Telkomsel. Kalau Gojek tidak ada listriknya, tidak ada pemasoknya, sedangkan Telkomsel punya pemasok, itu keuntungan kita berdua, ”lanjutnya.

Meski Telkomsel sudah aktif di Internet of Things (IoT), Nailul meyakini kerja sama investasi ini masih perlu dilakukan kedua belah pihak, khususnya Telkomsel. Pasalnya, IoT Telkomsel memang tidak setenar Gojek. Melalui kerja sama investasi ini, Telkomsel bisa belajar bagaimana mengembangkan bisnis IoT-nya agar bisa berkembang secepat Gojek.

Selama ini pengembangan bisnis IoT Telkomsel difokuskan pada segmen Business to Business (B2B). Kolaborasi dengan Gojek di Telkomsel membuka potensi besar untuk bersinergi dalam pengembangan bisnis IoT untuk segmen konsumer guna memperluas cakupan pasar.

Perlu dicatat bahwa istilah IoT dipahami sebagai sistem perangkat komputasi yang dapat mengidentifikasi dan mengirimkan data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia-ke-manusia atau komputer-ke-komputer. Misalnya, bisnis IoT di Gojek bisa ditemukan di GoFood.

Dengan GoFood Anda dapat mencari semua jenis makanan yang Anda inginkan. Anda juga bisa memesan makanan secara langsung tanpa harus tahu di mana makanan tersedia karena petugas yang menjadi penawar jasa pengiriman pesanan akan mengantarkan pesanan Anda setelah menyelesaikan proses pemesanan. Semuanya praktis, tepat dan efektif.

“Sekarang, apakah IoT Telkomsel sudah diketahui atau tidak? Yang dikenal adalah Gojek. Nah di bisnis digital ini subscriber itu penting, soalnya gojek lebih dikenal jelas lebih banyak subscriber, disini telkomsel butuh gojek, mungkin kedepannya bisa kolaborasi dan lain sebagainya. Itu IoT, “jelasnya.

Telkomsel dan Gojek berupaya mendorong pemberdayaan UMKM melalui teknologi digital tepat guna, menyusul kerja sama kedua perusahaan yang diumumkan tahun lalu. Kini kedua perusahaan bekerja sama untuk mengintegrasikan layanan Telkomsel MyAds dengan GoBiz, aplikasi hebat yang dirancang khusus untuk mitra bisnis Gojek. Cek juga layanan Tanya Veronika Asisten Virtual

Integrasi Telkomsel MyAds dengan GoBiz akan memungkinkan mitra bisnis Gojek untuk mengakses dan menggunakan berbagai layanan Telkomsel MyAds langsung dari aplikasi GoBiz. Hal ini menawarkan peluang baru kepada mitra bisnis Gojek untuk meningkatkan pangsa pasar sasaran dan mengembangkan bisnis dengan menjangkau lebih banyak pelanggan baru.

“Telkomsel senang kolaborasi dengan Gojek semakin dekat. Kami semakin optimis memperkuat kemitraan strategis ini karena melibatkan para pelaku UMKM yang menjadi motor penting penggerak pertumbuhan dan pemulihan ekonomi di Indonesia, apalagi menghadapi periode normal lainnya, ”ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam keterangannya, Senin (16/10). 1/2/2021).

Ia menambahkan, Telkomsel ingin membantu industri UMKM meningkatkan produktivitasnya dengan menjangkau konsumen yang lebih luas melalui Telkomsel MyAds.

“Kami yakin bekerja sama dengan Telkomsel dengan mengintegrasikan MyAds Telkomsel dan GoBiz akan membantu ratusan ribu operator UMKM di ekosistem Gojek untuk meningkatkan pangsa pasar dan potensi pertumbuhan bisnisnya,” tambah CEO Gojek Andre Soelistyo.

Telkomsel MyAds adalah solusi bisnis yang memberikan kemudahan bagi badan usaha untuk secara mandiri membuat, mengirim dan memantau kampanye iklan berdasarkan SMS, MMS, dan pesan pop-up. Telkomsel MyAds adalah bagian dari Telkomsel DigiAds, solusi periklanan digital dengan tiga pilar produk utama: olahpesan, tampilan, dan penghargaan.

GoBiz adalah aplikasi unggulan yang dikembangkan khusus untuk mitra bisnis Gojek untuk mengintegrasikan solusi bisnis bagi UMKM ke dalam ekosistem Gojek. Sejak 2018, GoBiz telah menjadi basis bagi para mitra yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis sehari-hari dan mendukung perkembangan bisnis. Teknologi GoBiz memungkinkan mitra UMKM untuk mengembangkan bisnisnya ke tahap selanjutnya.

Mitra UMKM Gojek dapat secara mandiri menyelenggarakan promosi untuk menarik lebih banyak pelanggan, memberikan pilihan metode pembayaran nontunai, mencatat pesanan dan secara otomatis merangkum semua transaksi dan manajemen bisnis yang didukung oleh pelaporan cepat terintegrasi di titik penjualan (POS).

Saat ini, GoBiz telah bekerja sama dengan ratusan ribu mitra bisnis Gojek dari berbagai industri, termasuk kuliner, ritel, dan industri lainnya, serta mitra bisnis yang terhubung dengan jutaan pengguna Gojek di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga menyiapkan promosi berkala khusus untuk mitra bisnis Gojek dalam penggunaan Telkomsel MyAds, yang bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi mitra bisnis Gojek dalam menggunakan solusi periklanan digital unggulan Telkomsel.

Implementasi kolaborasi terbaru antara Telkomsel dan Gojek semakin memperkuat sinergi kedua ekosistem tersebut. Sebelumnya, sekitar 20.000 reseller / partner Telkomsel memiliki akses penjualan langsung melalui GoShop, sehingga memudahkan vendor / partner Telkomsel untuk memenuhi kebutuhan banyak pelanggan secara digital.

Selain itu, Telkomsel juga mendukung produktivitas mitra pengemudi Gojek melalui paket Swaday yang harganya mulai dari Rp25.000, – yang dapat diakses di aplikasi Gojek untuk pengemudi, MyTelkomsel dan UMB * 168 * 455 #.