5 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu

Musumejima – Perasaan senang, gembira, bangga, semuanya harus menyatu saat hari wisuda tiba. Kecuali Anda berniat untuk mengambil pendidikan Anda ke jenjang yang lebih tinggi, Anda tidak akan pernah mengalami masalah di perguruan tinggi. Nah, kelulusan sudah pasti menjadi dambaan setiap mahasiswa, bahkan mendapatkan gelar sarjana tepat waktu adalah impian yang menjadi kenyataan.

Namun, saat ini tidak semua siswa dapat merasakan hal tersebut karena beberapa alasan. Padahal, jika bisa mendapatkan gelar tepat waktu, tentunya bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

Tidak ada yang tidak mungkin, semua mahasiswa pasti bisa lulus tepat waktu. Tentunya Anda harus mendapatkan dukungan mereka, yaitu dalam bentuk usaha dan kerja keras. Untuk mewujudkan impian itu, berikut beberapa cara cerdas yang bisa diterapkan.

1. Ketahui kewajiban Anda sebagai siswa

Kewajiban semua siswa di seluruh dunia adalah sama, yaitu memperoleh berbagai jenis pengetahuan tergantung pada karir yang mereka kejar. Jika proses pembelajaran dilakukan dengan serius, Anda pasti mendapatkan nilai bagus. Dengan begitu perjalanan kuliah akan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, seperti kesulitan mengulang mata kuliah yang sama di tahun berikutnya. Sehingga waktu yang Anda miliki bisa digunakan untuk memikirkan hal-hal lain yang berhubungan dengan kuliah online. Misalnya judul skripsi atau pencarian jurnal yang sesuai dengan subyek skripsi.

2. Maksimalkan jumlah kredit

Setiap perguruan tinggi memiliki sistem satuan kredit semester atau yang dikenal dengan SKS. Dengan sistem ini, mahasiswa dapat memilih sendiri mata kuliah yang akan diambil dalam satu semester. Namun, ada batas maksimal 24 kredit.

Perhatikan jumlah SKS per semesternya, jika Anda mempersiapkan tiap mata kuliah dan masih ada SKS yang tersisa tidak ada salahnya mengambil mata kuliah pada semester sebelumnya. Sehingga semua SKS benar-benar selesai tanpa ada pemborosan. Perlu di ingat, silahkan lengkapi SKS sesuai kemampuan belajar anda. Konsultasi dengan guru sangat bermanfaat untuk kelancaran proses konferensi.

3. Ikuti sesi konferensi dengan cermat

Meskipun setiap siswa telah ditugaskan tiga kali lipat jumlah pertemuan kelas yang tidak hadir, sangat disayangkan bahwa kehadiran konferensi tidak dimanfaatkan sepenuhnya. Ingatlah bahwa kehadiran kelas dapat sangat memengaruhi pengetahuan yang diperoleh.

Memang benar jika Anda tidak kuliah, Anda bisa membaca buku di mana saja. Namun mendengar penjelasan langsung dari guru tentunya akan memaksimalkan ilmu yang didapat. Selain itu, secara umum setiap guru akan memberikan contoh atau kasus sederhana agar siswa lebih memahami apa yang sedang dijelaskan. Oleh karena itu, ikuti sesi konferensi dengan baik agar pengetahuan yang diperoleh optimal.

4. Tentukan jadwal orientasi dengan guru

Hampir semua mahasiswa percaya bahwa sebagian hidup dan mati seorang mahasiswa ada di tangan pengawas. Karena dosenlah yang akan membimbing, mengajar selama proses penyusunan skripsi sampai selesai.

Oleh karena itu, semakin sering bertemu dengan dosen untuk membahas topik skripsi, maka semakin cepat skripsi tersebut selesai. Mengingat jadwal guru yang sibuk, yang terbaik adalah mengatur jadwal orientasi dengan benar. Pilih hari yang tepat tanpa mengganggu jadwal atau pembicara Anda.

5. Sisihkan Rura

Sebagian besar siswa merasa sulit untuk mengontrol antara perkuliahan dan kesenangan dunia, seperti bersenang-senang dengan teman, dll. Padahal, kenikmatan dunia hanya bersifat sementara. Daripada menghabiskan akhir pekan atau liburan di kafe, mal, atau tempat nongkrong lainnya, lebih baik manfaatkan waktu ini dengan membaca buku, membaca koran, mengerjakan pekerjaan rumah, atau mengejar tesisnya.

Tidak apa-apa untuk pergi keluar bersama teman, tapi jangan mengesampingkan kewajibanmu sebagai murid, yaitu belajar. Akan lebih baik jika Anda mengganti waktu pertemuan dengan belajar bersama teman. Cobalah untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar Anda dapat lulus dari perguruan tinggi tepat waktu.